Info Delegasi
Pengadilan Tinggi
Logo PENGADILAN NEGERI KEDIRI KELAS 1B

Mahkamah Agung Republik Indonesia

PENGADILAN NEGERI KEDIRI KELAS 1B

Jl. Jaksa Agung Suprapto No.14 Kediri 64112, Telpon / Fax : (0354) 771607 / (0354) 772706

email : pnkediri@pn-kediri.go.id , pn.kediri@gmail.com

SIPPSIWAS MARIE-COURT MARIEraterang Dirjen Badilum MARI


Logo Artikel

LAYANAN INFORMASI

Layanan Informasi

Layanan SEKARTAJI


Aplikasi Si Cantik

Pengadilan Negeri Kediri telah memiliki aplikasi SI CANTIK (Sistem Informasi Cepat dan Terintegrasi Secara Elektronik). Dalam mewujukan aplikasi ini telah dilaksanakan MoU dengan Kepolisian Kediri Kota, Kejaksaan Negeri Kediri dan LAPAS Kediri. Dengan adanya sistem ini diharapkan lebih mempercepat waktu, mempermudah, mengehemat biaya dalam mengajukan surat-surat yang dibutuhkan oleh instansi yang terkait.

 

APLIKASI SI CANTIK


Program Kerja Ketua Pengadilan Negeri Kediri

PROGRAM KERJA PENGADILAN NEGERI KLAS IB KEDIRI TAHUN 2020 - 2024

Pendahuluan

Program kerja adalah hal yang penting dalam sebuah fungsi manajemen, karena melalai program kerja itulah dapat dilihat arah dan sasaran kerja dari suatu unit organisasi. Program kerja merupakan pedoman atau panduan setiap unit organisasi untuk melaksanakan tugas-tugasnya, agar visi dan misi Pengadilan Negeri Klas IB  Kediri dapat tercapai. Sebagai hasil rapat kerja yang dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Klas IB  Kediri, maka perlu disusun program kerja, yang dibuat atas dasar visi, moisi dan kondisi objektif Pengadilan Negeri Klas IB  Kediri serta visi dan misi Mahkamah Agung RI.

Program Kerja Pengadilan Negeri Klas IB  Kediri

Visi Pengadilan Negeri Klas IB  Kediri adalah “ Menunjang Terwujudnya Badan Peradilan Indonesia Yang Agung “ dengan misinya antara lain memberikan pelayanan hukum yang berkeadialan kepada pencari keadilan dan meningkatkan kredibilitas dan transparasi badan peradilan.

Untuk dapat mencapai visi dan misi tersebut, maka Ketua Pengadilan Negeri Klas IB  Kediri perlu untuk membuat Program Kerja yang mempunyai sasaran sebagai berikut :

1.       Peningkatan pelayanan bagi pencari keadilan ;

2.       Peningkatan kualitas sumber daya manusia ;

3.       Peningkatan fasilitas pendukung ;

4.       Peningkatan kredibilitas dan transparasi ;

5.       Pemberian layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu di Pengadilan Negeri Kediri ;

Pengaduan/laporan dari masyarakat melalui SMS dapat disampaikan langsung kepada Ketua Pengadilan Negeri Klas IB  Kediri dengan nomor :

0354-771607 atau email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Kritik dan saran yang membangun demi kemajuan Pengadilan Negeri Klas IB  Kediri sangat kami harapkan.

 


STANDAR PERCEPATAN PELAYANAN

Kediri,

Berangkat dari niat untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap badan peradilan, meningkatkan kualitas percepatan pelayanan bagi masyarakat khususnya pencari keadilan yang diselenggarakan oleh Mahkamah Agung RI dan badan-badan peradilan di bawahnya dengan sebaik-baiknya, dan untuk memenuhi amanat UU RI No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, maka pada tanggal 9 Februari 2012 Ketua Mahkamah Agung RI telah mengeluarkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung No. 026/KMA/SK/II/2012 tentang Standar Pelayanan Peradilan sebagai dasar bagi setiap satuan kerja pada seluruh badan peradilan dalam memberikan pelayanan kepada publik.

LAMPIRAN : 

SK KMA No. 026/KMA/SK/II/2012

Lampiran SK KMA No. 026/KMA/SK/II/2012

Maklumat Pelayanan sesuai Permenpan No. 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Standar Pelayanan

Standart Pelayanan Pengadilan Negeri Kediri 2020

 

Begitu juga dengan Percepatan minutasi perkara menjadi prioritas utama Kepaniteraan Pengadilan Negeri Kediri.  Untuk mewujudkan hal tersebut, petugas dari  pegawai  Pengadilan Negeri Kediri dapat sosialisasi fitur komunikasi data SIPP dan direktori putusan.

Untuk mempercepat minutasi perkara, MA telah menerbitkan SEMA 14/2010. Melalui Sema tersebut  MA mewajibkan Pengadilan untuk menyertakan dokumen elektronik dalam pengajuan upaya hukum kasasi dan peninjauan kembali. “Kegiatan ini adalah dalam mendukung efektifas SEMA tersebut”.

Penyelesaian minutasi perkara dengan cepat adalah harapan dari para pencari keadilan. Untuk mewujudkan harapan tersebut Kepaniteraan sesuai fungsinya telah menyediakan dukungan teknis dengan mengembangkan fitur komunikasi data pada SIPP dan Direktori Putusan. Fitur Komunikasi Data adalah media untuk menyampaikan dokumen elektronik yang diwajibkan SEMA 14/2010 dari pengadilan tingkat pertama ke MA melalui sistem yang terintegrasi sehingga lebih efektif.

Data yang dimiliki, publikasi putusan di SIPP dan Direktori Putusan MA menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. “ Semua putusan terupload di SIPP dan Direktori Putusan MA sudah tersinkronisasi”. Meski partisipasi publikasi cukup baik, namun  pemanfaatan fitur komunikasi data yang ada di SIPP dan Direktori Putusan masih minim. “Padahal sistem ini lebih efektif, dibanding pengiriman menggunakan CD dan /atau email”.

Mengenai publikasi informasi perkara bahwa Kepaniteraan telah menetapkan standar pelayanan informasi One Day Publish, One Day Court Service, dan One Day Minutering . “ MA akan mempublikasikan informasikan amar putusan pada hari yang sama dengan perkara tersebut diputus dan akan mengupload salinan putusan pada hari yang sama dengan putusan tersebut dikrim ke pengadilan pengaju dan SIPP sudah tersinkron ke Direktori Putusan”.



Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech